|
Publisher
Total entries in catalog: 6 Shown entries: 1-6 |
|
SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN)
1. Pengertian
Penjelasan
PP No. 19 Tahun 2005 pasal 11 ayat 2 menyebutkan bahwa pemerintah
mengkategorikan sekolah/madrasah yang telah atau hampir memenuhi
standar nasional ke dalam kategori mandiri. Penjelasan selanjutnya
menyebutkan bahwa sekolah kategori mandiri (SKM) harus menerapkan
sistem kredit semester (SKS). SKS adalah salah satu sistem penerapan
program pendidikan yang menempatkan peserta didik sebagai subyek.
Pembelajaran berpusat pada peserta didik, yaitu bagaimana peserta didik
belajar. Peserta didik diberi kebebasan untuk merencanakan kegiatan
belajarnya sesuai dengan minat, kemampuan, dan harapan masing-masing
(Chandramohan, 2006).
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyatakan
bahwa sistem kredit semester adalah sistem penyelenggaraan program
pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan
mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan.
Mengacu pada konsep tersebut, SKS dapat diterapkan untuk menunjang
realisasi konsep belajar tuntas yang digunakan dalam menerapkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pada Sistem Kredit
Semester, setiap satu satuan kredit semester (1 SKS) berbobot dua jam
kegiatan pembelajaran per minggu selama 16 minggu per semester. Pada
SMA/MA/SMLB, SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat, satu jam kegiatan
tatap muka berlangsung selama 45 menit, sedangkan 25 menit kegiatan
terstruktur dan 25 menit kegiatan mandiri.
Dengan demikian, penerapan SKS pada KTSP perlu dilakukan penyesuaian
dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tuntas di mana satuan
kegiatan belajar peserta didik tidak diukur berdasarkan lama waktu
kegiatan per minggu-semester tetapi pada satuan (unit) kompetensi yang
dicapai.
2. Karakteristik
Berdasarkan penjelasan PP No. 19 Tahun 2005 Pasal 11 ayat (2) bahwa
ciri Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional adalah
terpenuhinya standar nasional pendidikan dan mampu menjalankan sistem
kredit semester.
Dari ciri tersebut Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional memiliki profil sebagai persyaratan minimal yang meliputi :
a. Dukungan Internal:
- Kinerja Sekolah indikator terakreditasi A, rerata nilai UN tiga
tahun terakhir minimum 7,00, persentase kelulusan UN ≥ 90 % untuk tiga
tahun terakhir, animo tiga tahun terakhir > daya tampung, prestasi
akademik dan non akademik yang diraih, melaksanakan manajemen berbasis
sekolah, jumlah siswa per kelas maksimal 32 orang, ada pertemuan rutin
pimpinan dengan guru, ada pertemuan rutin sekolah dengan orang tua.
- Kurikulum, dengan indikator memiliki kurikulum Sekolah Kategori
Mandiri, beban studi dinyatakan dengan satuan kredit semester, mata
pelajaran yang ditawarkan ada yang wajib dan pilihan, panduan/dokumen
penyelenggaraan, memiliki pedoman pembelajaran, memiliki pedoman
pemilihan mata pelajaran sesuai dengan potensi dan minat, memiliki
panduan menjajagi potensi peserta didik dan memiliki pedoman penilaian.
- Kesiapan sekolah, dengan indikator Sekolah menyatakan bersedia
melaksanakan Sistem Kredit Semester, Persentase guru yang menyatakan
ingin melaksanakan SKS ≥ 90%, Pernyataan staf administrasi akademik
bersedia melaksanakan SKS, Kemampuan staf administrasi akademik dalam
menggunakan komputer.
- Sumber Daya Manusia, dengan indikator persentase guru memenuhi
kualifikasi akademik ≥ 75%, relevansi guru setiap mata pelajaran dengan
latar belakang pendidikan (90 %), rasio guru dan siswa, jumlah tenaga
administrasi akademik memadai, tersedia guru bimbingan konseling/
karir. (e) Fasilitas di sekolah, dengan indiktor memiliki ruang kepala
Sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang guru, ruang bimbingan, ruang
Unit Kesehatan, tempat Olah Raga, tempat ibadah, lapangan bermain,
komputer untuk administrasi, memiliki laboratorium: Bahasa, Teknologi
informasi/komputer, Fisika, Kimia, Biologi, Multimedia, IPS,
Perpustakaan yang memiliki koleksi buku setiap mata pelajaran,
memberikan Layananan bimbingan karir
b. Dukungan Eksternal
Untuk menyelenggarakan SKM/SSN berasal dari dukungan komite sekolah,
orang tua peserta didik, dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,
dukungan dari tenaga pendamping pelaksanaan SKS.
Sumber:
Depdiknas.2008. Model Penyelenggaraan Sekolah Kategori Mandiri /Sekolah Standar Nasional. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Mengah Atas. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah By. INFINITY EIGHT
|
PPDB ONLINE 2009
PPDB ONLINE adalah Penerimaan Peserta Didik Baru secara Online yang diselenggaran oleh Pemerintah Kota Bekasi bersama Dinas Pendidikan Kota Bekasi pada Tahun Pelajaran 2009/2010. Situs ini dapat di Acces dengan alamat http://bekasi.siap-psb.com. Situs ini dipersiapkan sebagai pusat informasi dan pengolahan seleksi data siswa peserta PSB Online periode
2009 secara online real time process. Informasi lengkap seputar
pelaksanaan PSB akan di update di situs ini. Bagi masyarakat dan calon
siswa dapat memanfaatkan fasilitas Pesan Anda di situs ini untuk
bantuan informasi lebih lanjut.
Demikianlah sedikit Informasi yang dapat kami berikan.
Terima Kasih
By. INFINITY EIGHT
|
SEKOLAH BEBAS BIAYA (SBB)
Sekolah Bebas Biaya (SBB) adalah sebuah Program dari Pemerintah Daerah yaitu Program Sekolah Bebas Biaya yang artinya Sekolah/Instansi telah mendapatkan Bantuan/Subsidi Dana dari Pemerintah Daerah berupa Biaya Operasional dalam Satu Tahun Anggaran akan dibiayai oleh Pemerintah Daerah dan diperuntukan untuk mengelola Sekolah/Instansi tersebut. Tidak ada Pungutan kepada orang tua siswa, semua anggaran yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah akan dialokasikan untuk Siswa, Administrasi Sekolah, Guru, Tata Usaha, Sarana Prasarana dan lain sebagainya.
Dengan adanya Program SBB ini masyarakat pada umumnya atau Orang tua siswa khususnya akan mendapatkan keringanan Biaya untuk anak-anak mereka, yang terpenting adalah adanya Kerjasama yang baik antara Lingkungan, Orang tua siswa yang akan mempengaruhi maju Mundurnya Sekolah/Instansi tersebut.
Demikianlah sekilas Informasi yang dapat kami beritahukan.
Terima Kasih
By. INFINITY EIGHT
|
|
Statistics |
Total online: 3 Guests: 3 Users: 0 |
|